www.android42u.blogspot.com

Informasi Teknologi Komputer Dan Android

Wednesday, July 17, 2013

Cara Membuat Jaringan Komputer

Cara Membuat Jaringan Komputer - sesuai judul di atas penulis akan membahas tentang belajar jaringan komputer, wah kalou sudah bicara tentang jaringan pastinnya luas namun tenang saja anda tidak perlu resah dan gelisah disini penulis bukan membahas tentang jaringan MLM alias ( Multi Level Masketing ).

Jaringan komputer merupakan 2 komputer atau lebih yang saling terhubung, apa manfaat kita belajar jaringan komputer berikut penjelasannya tapi menurut yang penulis ketahui:

  • Memudahkan untuk mengerjakan sesuatu secara bersamaan meskipun dari ruang yang berbeda.
  • Memudahkan kita untuk saling bertukar data sehingga akan memaksimalkan waktu yang ada
bisa anda bayangkan jika kita tidak menerapkan jaringan komputer dalam suatu perusahaan alangkah ribetnya jika ingin mengambil data harus datang menggunakan flashdisk atau alat lainnya maka hal itu akan sangat menyita waktu bagi kita.

berikut adalah gambaran jaringan yang hanya 2 komputer :
jika anda menggunakan 2 komputer dan ingin saling share data maka ada 2 cara yang bisa anda gunakan :

CARA PERTAMA
anda tidak perlu menconfigurasi pada network anda namun anda gunakan computer name untuk mengambil data dari komputer yang satunnya dengan syarat nama dari 2 kopmputer tersebut harus beda seperti contoh di atas. untuk mengambil data dari komputer A anda cukup mengetikan //A pada eksploler komputer B berikut gambarnya.
begitupun sebaliknya jika anda ingin mengambil data yang sudah di share di komputer B maka anda cukup ketikan //B di eksploler komputer A.

CARA KEDUA
cara ini yang biasannya tidak saya gemari namun tidak masalah untuk belajar jaringan komputer itu sangat dibutuhkan untuk menambah wawasan anda disini harus menconfigurasi secara manual ip dan subnet mustnya dari masing komputer berikut langkah langkahnya.

pilih start >> control panel >> network connection dan pilih Local Area Network kemudian pilih yang internet protokol 4 maka akan tampil seperti pada gambar di bawah ini.



silahkan anda configurasi pada 
Komputer A

IP ADDRESS 192.168.3.1
SUBNET255.255.255.0

Komputer B

IP ADDRESS  192.168.3.2
SUBNET 255.255.255.0


untuk mengambil data yang di share maka tinggal ketikan alamat berikut //192.168.3.1  pada eksploler komputer B ataupun sebaliknya.

sudah mulai asyik belajar jaringan komputer sekarang penulis mempunyai gambar coba anda bikin agar bisa saling terintregasi antara satu dengan yang lain.

atau 



jika anda merasa kesulitan anda bisa menuliskan komentar di bawah ini saya akan mencoba untuk menjawab bagi anda yang ingin belajar jaringan komputer mudah mudahan bermanfaat






Cara Membuat Jaringan Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment